Tuesday, January 02, 2001

MELIHAT SMS YANG DIHAPUS

SMS kadang menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi seseorang, namun terkadang SMS pun dapat menjadi malapetaka bagi seseorang. Oleh karena itu berbagai aplikasi untuk melindungi SMS dari tangan yang tidak dikehendaki pun sudah banyak tersedia. Bagaimana jika SMS tersebut merupakan suatu bukti yang sangat diperlukan, akan tetapi SMS tersebut sudah dihapus atau terhapus.

Sebelumnya ada pertanyaan masuk k inbox saya mengenai cara melihat kembali SMS yang sudah dihapus, maka saya jawab saja pertanyaan tersebut melalui postingan ini. Berikut pertanyaannya:

ka, klo hp nokia N81 mo liat lg sms yg ke hapus gmn ya??

Berikut cara untuk melihat kembali SMS yang sudah dihapus. Dalam hal ini SMS yang menggunakan ponsel Symbian. Silakan buka aplikasi File manager di ponsel Anda yang menyediakan fasilitas Hex Viewer, misalnya: X-Plore. Jika belum punya silakan download X-Plore terlebih dahulu. Kemudian ekstrak dan pilih jenis aplikasi yang akan diinstall sesuai dengan jenis ponsel yang Anda gunakan. Bila proses instalasi telah selesai, silakan buka X-Plore kemudian buka folder Mail yang terdapat dalam folder System. Folder System ini biasanya tersembunyi, oleh karena itu munculkan terlebih dahulu dari Menu, Tools, Configuration atau langsung tekan tombol ‘0‘. Kemudian cari folder System\Mail, dan silakan dibuka setiap folder yang ingin dibaca dan isinya berupa pesan yang ada di ponsel Anda, baik kotak masuk maupun keluar termasuk juga konsep. Jadi, kita bisa membaca semua sms yang sudah dihapus dan belum dihapus dari folder “Mail”.

Terus, bagaimana cara membacanya? Silakan pilih file yang ingin dibaca, kemudian pilih Menu, File, Hex viewer. Nah, nanti isi pesan tersebut akan ditampilkan. Silakan lihat dan baca pada kolom ketiga dari kiri. Demikianlah, semoga bisa membantu.


1 comment:

  1. kok gak ada ya mas folder mail nya,,, tu dmn ya sy pake n 81, kontak imail y fj_nine@yahoo.co.id

    ReplyDelete

Please Comment

PTC